Lomba Film Pendek

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, SMA 2 Purwokerto mengadakan perlombaan film pendek se- Jawa, yang deadline pengumpulannya pada tanggal 16 Maret 2019. SPRD (salah satu grup videomaker) dari SMA Negeri 1 Purwosari mengikuti euforia perlombaan membuat film pendek tersebut. Motivasi mereka untuk mengikuti perlombaan tersebut yakni karena sebelumnya mereka belum pernah mengikuti lomba membuat film pendek, maka mereka ingin menambah pengalaman baru untuk membuat karya film pendek.

Grup yang dipelopori oleh Ivandra (salah seorang siswa SMA Negeri 1 Purwosari) yang juga mengajak teman-temannya untuk mengikuti perlombaan tersebut. Ivandra sendiri juga merupakan siswa yang aktif di keorganisasian sekolah, yang juga menjabat sebagai salah satu ketua ekstrakurikuler di sekolah. Dia sekaligus yang  hobi menulis naskah drama sehingga bisa dikatakan sebagai penggagas ide film pendek tersebut. Didukung oleh beberapa temannya yang juga memiliki hobi yang mendukung pembuatan film pendek tersebut, seperti Nur Rahmat, Almas, Dwi Aditya, Indah, Adil, Idris.

Adapun kendala-kendala yang mereka alami ketika berproses membuat film, yakni peralatan yang mereka miliki minim sekali hanya memiliki 2 kamera, perekam suara masih menggunakan perangkat seluler biasa (HP), management waktu yang kurang dikarenakan disamping mereka berkarya tetap mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru, dan mendapatkan beberapa bantuan dari cast-cast tambahan seperti meminjam adik-adik temannya sebagai cast.

Perjuangan yang mereka lakukan berbuah hasil yang manis, mereka mendapatkan juara ke-2 dari 30 peserta dari sekolah dan universitas lain.  juara yang mereka dapatkanpun cukup membanggakan karena mereka bersaing ketat dengan sekolah dan universitas yang bisa dikatakan terpandang seperti Universitas Diponegoro dan SMK IT Purwokerto. Juga mendapatkan penghargaan dari sekolah penyelenggara berupa Trofi penghargaan dan uang pembinaan sebagai motivasi agar mereka tetap berkarya membuat film pendek yang lainnya di lomba-lomba yang sejenis. Maka mereka memiliki motivasi untuk mengikuti perlombaan serupa yang diadakan oleh Universitas Yudharta yang bertema “Perbedaan Suku Budaya” dan juga FFS(Festival Film Sekolah) bertema bebas.

Motivasi dari SPRD untuk siswa-siswa lain yang belum memiliki karya serupa bahwa apabika kita ingin berkarya jangan pernah takut dan maksimalkan masa muda untuk berkarya sebanyak-banyaknya. Harapan dari SPRD dalam mengikuti lomba ini adalah untuk mengharumkan nama sekolah dan agar SMA Negeri 1 Purwosari semakin terkenal dan mempunyai harapan yang dalam untuk dibentuknya ekstrakurikuler videomaker yang bisa memupuk bakat-bakat siswa yang hobi dalam membuat videomaker atau yang berhubungan dengan itu.

Cari