AYO MEMBACA...!!!

Salah satu program yang sedang digalakkan di lingkungan pemerintahan kabupaten Pasuruan adalah literasi dan smanesa ikut berperan disana. Membiasakan untuk membaca adalah hal yang bisa dikatakan sulit tetapi tidak ada yang tidak mungkin ketika ada yang mau berjuang.

Salah satu cara yang dilakukan di smanesa adalah mewajibkan semua siswa dan guru untuk membaca sebelum pelajaran dimulai. Dalam 1 minggu 3 kali dilakukan jadwal literasi yangmana setiap jadwalnya sudah ditentukan materi pokok/tema yang harus dibaca.

Jadwal tersebut dimaksudkan untuk siswa yang tidak biasa membaca tidak bingung untuk memilih tema apa yang harus dibaca. Setelah itu siswa merangkum apa yang sudah dibaca di buku khusus literasi.

Di smanesa dibentuk juga komunitas pegiat literasi siswa. Salah satu tugasnya adalah memeriksa hasil literasi teman-temannya. Membaca dan bercerita tidak sendirian ada yang namanya koin literasi, yang maksudnya untuk menggugah kedermawanan siswa, yang nantinya koin tersebut digunakan untuk membeli buku yang bisa dipinjam bergantian antar kelas.

Hal lain yang dilakukan adalah mewajibkan setiap kelas membuat mading yang bertujuan mengekspresikan kreatifitas siswa dan ada pula pojok baca yang diharapkan menjadi tempat favorit siswa.

 


Ada harapan untuk membuat siswa smanesa mencintai literasi diawali dari rasa terpaksa untuk memupuk cinta baca. Banyak yang tidak sadar dengan membaca kita selangkah membuka pintu dunia, menyiram taman pengetahuan yang kering, mengasah otak yang tumpul, mengubah cara pandang dan bahkan bisa mengubah dunia.