OSN tingkat Kabupaten/Kota Pasuruan kembali digelar. Dalam kegiatan yang diselenggarakan pada 14 Maret 2017 lalu, SMAN 1 Bangil bertindak sebagai tuan rumah. Sebanyak kurang lebih 77 lembaga SMA/sederajat dari Kabupaten dan Kota Pasuruan turut berpartisipasi mengirimkan siswa siswi terbaik. Tak terkecuali SMAN 1 Purwosari. Ada 9 mapel yang dilombakan, meliputi: Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Kebumian, Kimia, Matematika, dan TI.

           Lalu apasih sebenarnya OSN itu? OSN merupakan kependekan dari Olimpiade Sains Nasional. Ajang olimpiade ini digelar setiap tahun oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Seleksi OSN digelar secara bertahap, dimulai dari penjaringan siswa yang dilakukan di masing-masing sekolah, berlanjut ke tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga ke tingkat Nasional.

                Sempat mengalami masa sulit di ajang yang sama, tahun ini sekolah kita kembali berjaya. Kabar gembira datang dari 3 siswa SMANESA yang berhasil lolos dalam seleksi OSK. Siapakah mereka?

P: Mengapa kamu memilih mengikuti OSK bidang Astronomi?

J: "Sebenarnya aku tidak ‘memilih’, tetapi ini sudah keputusan pihak sekolah dan waktu itu aku ditunjuk oleh Almh. Bu Ninik sewaktu kelas X."

P: Apasih kesan yang kamu peroleh setelah mengikuti OSN Kabupaten?

J: "Kesan pertamakali saat aku mengikuti OSK waktu kelas X, persaingannya ketat, soalnya juga sulit-sulit, dari situ aku mulai minder."

P: Lalu bagaimana kamu mengatasi hal tersebut sewaktu dipilih kembali kelas XI?

J: "Lama-lama aku mulai menyukai Astronomi dan mulai niat mempelajarinya."

P: Gimana sih perasaan kamu setelah lolos dan mendapat juara 1?

J: "Antara senang dan tidak percaya. Karena menurutku, persiapanku kurang maksimal."

P: Persiapan apa yang kamu lakukan menjelang OSK?

J: "Ngumpulin materi dari internet, download e-book, nyicil belajar. Karena aku lemah di teori, jadi aku lebih banyak baca-baca teori."

P: Bagaimana sih cara kamu mengatur waktu belajar? Apa kamu mengikuti bimbel?

J: "Hmm.. sejujurnya aku tidak pandai mengatur waktu. Jadi aku melakukan semuanya secara random, tanpa jadwal khusus. Aku juga tidak pernah mengikuti bimbel, karena menurutku belajar nggak harus dengan guru, tapi dari niat diri sendiri. Kalau ada materi yang nggak paham, sebisa mungkin kita berusaha mencari solusinya, bisa dari internet atau yang lain."

P: Bagi tips belajar dong…

J: "Yang terpenting itu 2 hal, yang pertama niat. Kalau nggak ada niat, ya percuma belajar. Lalu yang kedua jangan takut berimajinasi, karena kita tidak bisa salah dalam imajinasi kita sendiri."

P: Pesan untuk siswa-siswi SMANESA..

J: “Jangan bosan berusaha.”

 

P: Gimana sih perasaan kamu setelah tahu bahwa kamu lolos OSK?

J: "Perasaanku senang bercampur bangga, akhirnya perjuanganku selama ini nggak sia-sia."

P: Apa saja sih persiapan kamu menjelang OSK?

J: "Aku rutin ikut pembinaan setiap minggu, sebelumnya waktu kelas X aku jarang ikut pembinaan dikarenakan awalnya aku nggak tau kalo ditunjuk mengikuti OSN Fisika. Setelah tau, kelas XI ini aku mulai perbarui niat, mulai sungguh-sungguh rutin pembinaan."

P: Mengapa sih kamu suka fisika?

J: "Menurutku fisika itu seru, berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Anggapan kalau fisika rumit dan banyak rumus itu salah, fisika itu nggak usah diambil susah."

P: Gimana sih cara kamu mengatur waktu antara tugas sekolah dan persiapan OSK?

J: "Caraku mengatur waktu, fleksibel aja. Kalo ada tugas, kerjain. Kalo nggak ada ya dibuat santai aja. Nggak usah terlalu memaksakan diri."

P: Pesan apa yang ingin kamu sampaikan untuk teman-teman yang masih belum berkesempatan lolos seleksi OSK?

J: "Untuk kelas X, tetaplah giat mengikuti pembinaan dan lebih rajin belajar. Untuk kelas XI, jangan sedih karena kalian masih punya kesempatan dalam lomba-lomba lain, persiapin diri aja buat tes SBMPTN."

 

 

P: Apakah kamu mengikuti OSN tersebut dipilih atau berdasarkan kemauan sendiri?

J: "Aku ikut OSN itu hanya coba – coba, tapi sebenarnya aku memang suka ekonomi."

P: Mengapa kamu memilih OSN Ekonomi?

J: "Aku memilih mata pelajaran Ekonomi karena menurutku menarik, rumus – rumusnya mudah dihafalin."

P: Bagaimana cara kamu belajar sebagai bentuk persiapan OSN?

J: "Dengan cara belajar sendiri di rumah serta mengikuti pembinaan setiap hari Jum’at, setiap hari mengerjakan soal yang diperlukan."

P: Apa pesan yang ingin kamu sampaikan kepada teman-teman lain?

J: "Jangan menyerah buat teman-teman yang belum berkesempatan lolos OSK, karena masih ada tahun depan dan pasti ada kesempatan lain."

P: Siapa guru yang menjadi pembimbing kamu?

J: "Waktu itu guru yang membimbing aku Bu Maria, walaupun sudah pensiun masih tetap memantau."

 

Cari