Pramuka SMANESA mengadakan sebuah kompetisi untuk memperingati hari jadinya. Kompetisi ini bernama “COMPPAS”. Apa sih COMPPAS itu? Apa saja sih kegiatannya? Penasaran bukan? Oke, yuk simak di bawah ini.

    COMPPAS itu singkatan dari “Kompetisi Pramuka Penggalang Smanesa”. Kegiatan COMPPAS ini, rutin di selenggarakan tiap tahunnya. Kompetisi ini hanya diikuti oleh Pramuka tingkat Penggalang, yaitu di jenjang SMP. Selain untuk memperingati hari lahirnya Pramuka SMANESA, COMPPAS juga memperingati hari lahir Bapak Baden Powell, Penggagas Pramuka di Dunia yang lahir pada tanggal 22 Februari. 

  Di tahun ini, acara COMPPAS  lebih seru,menarik dan beda banget dengan tahun sebelumnya. COMPPAS tahun ini, pesertanya lebih banyak yang berasal  dari empat wilayah berbeda yaitu Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo dan Malang. Dana yang dihabiskan untuk kegiatan ini sebesar Rp 17.000.000,00. Hebatnya, selain dari sekolah dan sponsor, Pramuka SMANESA mendapatkan dana ini dari hasil berwirausaha.

           

        Di pagi hari yang cerah tepatnya pukul 07.00 WIB tanggal 26 Februari 2017 upacara pembukaan COMPPAS dibuka dengan jumlah kurang lebih 300 peserta hadir dan ikut memeriahkan acara tersebut. Setelah acara resmi dibuka, para peserta bersiap-siap untuk mengikuti lomba pertama, yang dipandu oleh Kak Yoko yaitu lomba FBB & Kreasi yel-yel yang diikuti oleh seluruh peserta di lapangan basket.

   Semua peserta unjuk kreatifitas dan menampilkan aksi yang terbaik di depan Juri dan Peserta lainnya. Setelah kegiatan pertama selesai, para peserta mulai terbagi dalam lomba yang diikuti masing masing. Ada F2K, Semaphore, dan OP’17. Pada lomba F2K  masing-masing perwakilan regu harus membuat poster yang menarik. Sedangkan untuk Semaphore, terbagi menjadi dua bagian yaitu  Morse Soal dan Morse Bendera yang di laksanakan di Aula SMANESA dan Lapangan parkir atas.               

    Perlombaan yang terakhir, yaitu Pionering. Masing-masing regu berkumpul di Aula SMANESA untuk membangun Pionering dan  membentuk kreasi yang menarik. Semua perlombaan berakhir pukul 14.30 dan berlanjut dengan Ishoma. Meskipun terlihat lelah,  panas terik matahari tak membuat para peserta kehilangan semangat. Setelah Ishoma, tibalah saat saat yang dinanti oleh semua peserta dengan di pandu oleh Kak Yoko dan Kak Bella selaku MC, mereka membacakan pemenang lomba lomba yang telah diikuti para peserta COMPPAS. Satu persatu pemenang mengambil trophy yang berhasil mereka raih.

Cari