Setiap tahun ajaran baru siswa baru selalu disibukkan dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan ‘kewajiban sebagai siswa baru’. MOS (Masa Orientasi Sekolah) yang sekarang telah berganti nama menjadi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) sesuai dengan kebijakan Kemendikbud nomor 18 tahun 2016.

MPLS / LOS (Layanan Orientasi Siswa) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pembelajaran diri dan pembinaan awal kultur sekolah. LOS hanya dilakukan di hari sekolah selama tiga hari saja.

Bagaimana tanggapan mereka tentang LOS tahun ini? Berikut adalah hasil wawancara kami dengan wakil penyematan peserta LOS SMAN 1 PURWOSARI tahun 2017

Menurut Muhammad Hudan Ade dari SMPN 1 Kepanjen, “LOS sama MOS itu beda banget, kalau MOS itu lebih mengutamakan kedisiplinan, dan kemandirian siswa. Kalau LOS, siswa dituntut untuk mengerti materi yang dijelaskan di kelas. Seperti materi tentang agama, lingkungan sekolah dan adiwiyata”

Sedangkan menurut Carissa Prameswari dari SMPN 1 Gempol, “Beda banget, kita belajar untuk menjadi lebih dewasa dan disiplin, di LOS aku juga dikenalkan banyak hal tentang sekolah seperti peraturan sekolahnya, sarana dan prasarana dan masih banyak lagi”

Kegiatan LOS yaitu selalu diawali dengan apel pagi, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh guru, sholat dhuhur atau ishoma, dan yang terkahir latihan pensi untuk hari terakhir LOS

Cari