Sebelum berangkat ke negara Thailand, pastinya siswa siswi yang ikut program "student exchange" diber pembekalan bahasa dasar Thailand untuk berkomunikasi disana nantinya. Nah, yang unik disini adalah para siswa diberi pembekalan langsung oleh orang berkewarganegaraanThailand. Waah, keren bukan? Berikut ulasannya

                  Fatin yang memiliki nama panjang Fatini Mukim ini merupkan salah satu mahasiswa berkewarganegaraan Thailand yang kuliah di Indonesia. Beliau memilih Universitas Muhammadiyah Malang untuk melanjutkan studinya dan mengambil jurusan Fakultas keguruan ilmu bahasa & sastra Indonesia. Alasan beliau mengambil jurusan ini karena sebelumnya ia sudah pernah bersekolah SMP dan SMA di Malaysia. Jadi, beliau berpeluang besar untuk mengambil jurusan tersebut. Beliau juga ingin mengkaji tentang perbedaan antara bahasa Indonesia & Malaysia.

                Kak Fatin datang ke Smanesa untuk memeberi pembekalan kepada siswa siswi yang ikut dalam program pertukaran pelajar Indonesia dan Thailand. Beliau mengajarkan bahasa dasar atau bahasa sehari hari yang sangat umum digunakan di Thailand, seperti panggilan orang, nama arah, angka, dan sebagainya.

                Menurutnya, mengajar itu sangat menyenangkan karena ia juga bisa menganaliss bagaimana karakter dari masing-masing siswa. Beliau juga sangat senang bisa berbagi ilmu bahasa Thailand kepada murid murid Smanesa, karena itu juga membuat bahasa Thailand lebih dikenal di dunia.

Cari