Halo teman – teman SMANESA! Kali ini kita akan membahas berita seputar dunia perkuliahan. Banyak sekali siswa SMA yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang universitas. Pastinya, ada masalah yang muncul di benak pikiran mereka misalnya tentang pertemanan, kondisi ekonomi keluarga, dan jurusan yang akan mereka pilih. Nah, berikut  tanggapan mereka tentang dunia perkuliahan 

                                                                                   Surani Ulfa (XII MIPA 1)

            “UNBK kemarin  aku sempat mengalami kesulitan di beberapa soal. Selain itu, nilai rapot naik turun.  Dan juga aku bingung memilih  memilih fakultas yang diinginkan. Begitu juga dengan kondisi ekonomi keluarga. Nah, saat kuliah nanti aku merasa bingung untuk memilih mana teman yang menurutku baik dan bisa diajak komunikasi. Selain itu setelah kuliah nanti bingung mau kerja apa setelah lulus dari kuliah nantinya.”

 

                                                                                 Bagus Fajar Anurogo (XII IBB)

            “Sebenarnya aku udah yakin mau ikut SBMPTN, tapi aku juga sedikit pesimis karena nilai rapot yang naik turun. Kalau kuliah masalah pertama yang aku takuti adalah masalah pergaulan, biasanya kan ada saja teman - teman yang iri atau menjelekkan bahkan ingin menjatuhkan harga diri kita.  Yang kedua, adalah kendala biaya aku harus memilih kost yang murah dan terdekat dengan tempat kuliahku nanti.”

 

                                                                                      Yeni Dwi Alfitri (XII IPS 1)

            “Kalau menurutku, aku masih bingung untuk memilih universitas yang diinginkan karena aku juga melihat kemampuan dan saingan dari pelajar - pelajar disana. Apalagi nilai rapot yang kurang dan masih bingung dengan persyaratan bidik misi yang rumit. Dan aku juga takut masalah pergaulan, memang aku sedikit kurang terbuka dan aku takut kalau aku sampai salah pergaulan sehingga terjerumus kedalam hal hal yang tidak diinginkan.”

 

    Berikut tanggapan dari Pak Imron Rosyadi selaku guru BK:

            Menurut saya. Pastinya banyak siswa kelas 12 yang mengeluh baik dalam hal pergaulan fakultas maupun kondisi ekonomi keluarga. Nah, dalam pergaulan mencari teman sering kali timbul  perasaan yang malu dan memungkinkan permusuhan. Sehingga, aktivitas belajar di kuliah terganggu. Jadi, seharunya mulai dari sekarang membiasakan diri untuk lebih terbuka. Selain itu, lebih selektif lagi dalam bergaul dan juga membiasakan selalu berpikir dan berperilaku positif. Sementara itu, kendala biaya keluarga yang tidak mencukupi juga merupakan sebagai kendala. Pastinya, hal ini dapat diatasi dengan jalan bidik misi dan beasiswa prestasi sehingga dapat mengurangi biaya pendaftaran. Apalagi sekarang ada kampus dengan biaya gratis dari pemerintah sampai siswa lulus kuliah. Nah, Untuk masalah kuliah sambil kerja itu boleh saja asalkan jangan lupa mengatur waktu antara kerja dan kuliah. Dan juga dikhawatirkan kondisi siswa yang lelah dapat mempengaruhi prestasi di kuliahnya. Selain itu, bagi yang salah memilih jurusan ya tetap dilakukan semampunya karena sudah menjadi tanggung jawab pilihannya

 

Cari